Rabu, 23 Desember 2015

PROSPEK KERJA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL


PROSPEK KERJA LULUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Hai, hai…
Di artikel sebelumnya kan aku udan menjelaskan apa itu desain komunikasi visual… nah,, dalam artikel kali ini aku akan membahas prospek kerja anak desain komunikasi visual. Mungkin dari kalian banyak yang bertanya.. kalau kuliah ambil jurusan desain komunikasi visual nanti jadi apa sih? Oke mari aku akan menjelaskan prospek kerja desain komunikasi visual.
Silahkan menyimak!!!!!

PROSPEK KERJA
Perkembangan dunia industry dan periklanan pada saat ini tentu saja akan diikuti dengan peningkatan kebutuhan professional dalam bidang desain komunikasi visual. Selanjutnya, apa saja yang dapat dimasukin oleh sarjana lulusan DKV? Berikut penjelasannya…

Media Massa
Media massa merupakan salah satu jenis usaha yang sangat memebutuhkan banyak professional jurusan DKV, karena banyak sekali membutuhkan sekali produk-produk visual yang ditampilkan oleh media massa. Media massa yang membutuhkan lulusan DKV ini terdiri dari media cetak seperti Koran dan majalah, serta dunia pertelevisian. Dalan industry media massa, seorang lulusan DKV dapat bekerja sebagai illustrator, photographer, designer, animator, wartawan. Beberapa erusahaan besar dalam bidang media massa:
Cetak misalnya: Kompas, Tempo, Jawa Pos, Tribun dll.
Televisi misalnya: Trans TV, RCTI, SCTV, ANTV dll.

Perusahaan Pengembang Web
Perusahaan-perusahaan jasa pembuatan web membutuhkan professional DKV untuk membuat desain-desain webnya. Pada bidang ini lulusan DKV dapat bekerja sebagai web interface designer, manajer dan director.

Perusahaan Pengembang Game dan Animasi
Game tidak akan bisa dipisahkan dari dunia desain, rasanya tidak ada game yang tidak mengguanakan gambar yang dibuat tanpa gambar. Karena itulah dunia pengembangan game memerlukan lulusan DKV. 

Biro Iklan/Advertising
Biro iklan adalah jenis badan usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan iklan-iklan untuk kepentingan promosi suatu produk. Pekerjaan lulusan DKV di bidang ini hampir sama dengan di bidang media massa. Perusahaan yang bergerak dalam bidang ini misalnya Ogilvy, Mc Caan, Fortune dll.

Percetakan dan penerbitan
Dalam dunia percetakan dan penerbitan buku, lulusan DKV dapat menjadi desainer grafis yang bertugas membuat ilustrasi cover buku atau isi buku. Mereka juga membuat atau mendesain banner, poster, baliho, pamphlet, leaflet dll. Perusahaan yang bergerak dalam bidang ini misalnya Gramedia.

Wirausaha mandiri
Berwirausaha mandiri merupakan peluang yang sangat besar bagi seorang jurusan DKV karena ilmu yang mereka pelajari saat kuliah adalah ilmu terapan yang dapat langsung diaplikasikan secara mandiri. Bahkan untuk memulai usaha sendiri bisa dilakukan hanya bermodal computer dari jaringan internet, misalnya dengan menjual desain-desain yang telah dibuatnya langsung kepada calon pembeli via internet. Selain itu juga lulusan DKV bisa menjadi owner dari bidang-bidang usaha yang telah dijelaskan diatas. Lulusan DKV juga bisa membuat distro baju dengan ilustrasi gambar hasil karya sendiri.

Inti dari Prospek kerja setelah lulus dari program studi Desain Komunikasi Visual ini sangat beragam, tergantung pada minat dan keahlian, diantaranya :
  • Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer dsb.
  • Biro konsultan desain (graphic house)
  • Biro iklan (advertising)
  • Rumah produksi (production house).
  • Stasiun TV.
  • Percetakan dan penerbitan.
  • Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah.

Terima kasih..
Semoga bermanfaat..

Sumber:
Share:
Lokasi: Trowulan, Mojokerto, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates