Hai,, kali ini aku akan membahas tentang corporate identity atau identitas perusahaan. Perusahaan juga membutuhkan profesional desainer untuk mendesain brand mereka. maka dari itu disini aku akan sedikit menjelaskan tentang desain corporate identity.
Identitas
perusahaan atau jati
diri perusahaan (corporate odentity) adalah semua perwakilan atau
perwujudan media
visual dan fisik yang
menampilkan suatu jati diri organisasi sehingga dapat membedakan perusahaan
tersebut dengan organisasi/perusahaan lainnya.
Secara
internal, identitas perusahaan terkait dengan kultur / budaya yang dianut oleh
perusahaan. Namun, secara eksternal, identitas perusahaan memiliki keterkaitan
dengan citra perusahaan. Saat ini, identitas perusahaan telah diakui sebagai
sumber daya yang strategis dan sumber keunggulan yang kompetitif.
Corporate
identity dapat dipandang terdiri dari tiga bagian:
- Corporate Design (logo, seragam, warna perusahaan dll)
- Corporate Communication (iklan, public relations, informasi, dll)
- Corporate Behaviour (nilai-nilai internal, norma, dll)
Dalam bidang
desain komunikasi
visual, bentuk paling
sederhana dari jati diri perusahaan adalah simbol atau logo.
Desain corporate identity
Desain corporate identity
dirancang sesuai dengan visi, misi dan filosofi perusahaan yang akan diperkenalkan kepada masyarakat
melalu media komunikasi visual yang efektif
& komunikatif.
Sebelum medesain seorang desainer harus memiliki konsep.
Konsep adalah salah satu hal yang paling penting dalam mendesain sesuatu,
karena konsep sendiri adalah dasar inspirasi yang nantinya akan digunakan
sebagai acuan desainer dalam mendesain media-media komunikasi visual.
Desain corporate identity
meliputi:
1.
Logo perusahaan
2.
Stationary, meliputi: kop surat, amplop, memo,
map(folder).
3.
Stiker
4.
Shopping bag
5.
Price tag
6.
Seragam karyawan
7.
katalog
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Identitas_perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar